hepcore on March 20th, 2009

MEKANISME ALUR PENGAJUAN PENULISAN HUKUM (SKRIPSI)

DENGAN

SIMTA FAKULTAS HUKUM UNS

  1. Mahasiswa membuka web : http://simta.uns.ac.id/ selanjutnya untuk Login masukkan : NIM, Password, Status dan Ketikkan Kode sesuai huruf disebelah kanan, kemudian klik LOGIN.
  2. Pengajuan Rencana Judul Penulisan Hukum (skripsi) dapat didaftarkan maksimal 2 (dua) usulan judul.
  3. Persetujuan dan penentuan judul penulisan hukum (skripsi) dilakukan dalam sidang pleno PPH dengan alternatif hasil keputusan sebagai berikut :
    a. DITERIMA
    b. DITOLAK
    c. DITERIMA DENGAN REVISI
  4. Mahasiswa yang rencana judulnya : DITERIMA DENGAN REVISI, selanjutnya harus segera berkonsultasi dengan Tim PPH (sesuai bagian) untuk mendapatkan bimbingan. Setelah konsultasi segera masukkan lagi usulan judul (sesuai hasil revisi dan menulis buku konsultasi REVISI) ke PENDAFTARAN TA (Pengajuan Judul baru yang telah di revisi), berilah tanda REVISI pada MENU RENCANA JUDUL TA tersebut. Selanjutnya tunggu hasil keputusan dari PPH.
    Contoh : TINJAUAN TENTANG PENGAJUAN KASASI TERHADAP PUTUSAN PRA PERADILAN TENTANG PENYIDIKAN YANG TIDAK SAH (STUDI KASUS DI MAHKAMAH AGUNG) – (REVISI)
  5. Mahasiswa yang rencana judulnya : DITOLAK, harus segera menyusun usulan judul baru dan melakukan PENDAFTARAN TA lagi sesuai mekanisme alur pengajuan penulisan hukum dari awal.
  6. Mahasiswa yang rencana judulnya : DITERIMA, selanjutnya tinggal menunggu dosen pembimbing dan pembimbing seminar. (PPH yang akan mengajukan usulan pembimbing ke Ketua bagian masing-masing).Apabila sudah ada pembimbing dari bagian (lihat MENU PEMBIMBING TA), segeralah mencetak FORM 2 (Form penunjukan pembimbing) dan mintalah tandatangan/legalisasi Form 2 tersebut kepada Penasihat Akademik (PA) dan Ketua PPH. (FORM 2 dibuat rangkap 3, jika pembimbingnya 2 orang buatlah rangkap 4, 1 lbr diserahkan ke PPH, 1 lbr untuk mahasiswa dan 1 lbr atau 2 lbr diserahkan Pembimbing/Pembimbing Pembantu).
  7. Setelah mahasiswa menyerahkan Form 2 kepada dosen pembimbing, selanjutnya mahasiswa dapat menulis usulan/proposal penelitian.
  8. Usulan/Proposal Penelitian wajib untuk diseminarkan dengan ketentuan sebagai berikut :
    a. Seminar dibimbing oleh dosen pembimbing seminar;
    b. Diikuti paling sedikit 10 (sepuluh) mahasiswa;
    c. Mendaftarkan langsung seminar proposal ke PPH, penentuan jadwal seminar setelah mahasiswa berkonsultasi dan mendapat persetujuan pembimbing seminar;
    d. Mengisi dan menyerahkan Form 5 (Berita Acara Seminar) dan Form 6 (Daftar Peserta Seminar Proposal) ke PPH. Mahasiswa harus menyerahkan Form 5 dan Form 6 ke PPH paling lambat 1 (satu) minggu setelah pelaksanaan seminar proposal.
  9. Selanjutnya mahasiswa dapat melaksanakan penelitian dan menulis hasil akhir penelitian hukum (skripsi) dibawah bimbingan dosen pembimbing. SIMTA menyediakan monitoring pembimbingan melalui MENU PERKEMBANGAN KONSULTASI (Form/menu ini bisa diisi oleh dosen pembimbing ataupun mahasiswa ybs guna mengetahui perkembangan pembimbingan penulisan hukum).
  10. Hasil laporan akhir penelitian dalam bentuk penulisan hukum (skripsi) yang telah disetujui dosen pembimbing, dapat didaftarkan untuk ujian penulisan hukum (skripsi) ke bagian pendidikan dan selanjutnya mahasiswa dapat melihat jadwal ujian di SIMTA (Jadwal ujian akhir dapat diklik pada MENU JADWAL UJIAN AKHIR).
  11. Mahasiswa yang telah lulus ujian penulisan hukum (skripsi) wajib menyerahkan laporan penulisan hukum (skripsi) kepada :
    a. Dosen Pembimbing : 1 (satu) eksemplar hard copy
    b. Perpustakaan : 1 (satu) eksemplar hard copy dan 1 (satu) CD
    c. PPH : 1 (satu) dalam bentuk CD

Penyerahan ini untuk mendapatkan tanda terima sebagai syarat pendaftaran wisuda.
CATATAN : 4 langkah penulisan Tugas Akhir
1. Form 1 : Formulir Rancangan Judul (Pendaftaran TA)
2. Form 2 : Formulir Penunjukan Pembimbing
3. Form 5 : Formulir Berita Acara Seminar
4. Form 6 : Formulir Daftar Peserta Seminar Proposal

TIM PPH FAK. HUKUM [http://pph.staff.hukum.uns.ac.id]
businessmails.biz best way to earn money

Leave a Reply